Acara meetup Tech Talk @Tokopedia!

Rabu, Desember 17th, 2014

Hari Sabtu yang lalu (13 Desember 2014), Tokopedia menjadi tuan rumah meetup para praktisi teknologi informasi dari berbagai kalangan dan perusahaan. Meetup perdana yang diberi nama Tech Talk @Tokopedia ini dihadiri oleh sekitar 40 orang yang terdiri dari software engineer, mobile app engineer, technical engineer, CTO, bahkan para CEO/founder.

Acara meetup Tech Talk @Tokopedia!

Di Tech Talk @Tokopedia episode yang pertama ini, ada 2 pembicara dengan topic yang berbeda yang ikut meramaikan acara.

Pembicara pertama adalah Anandamoy Roychowdhary – Vice President of Technology dari Sequoia Capital. Topik seru yang dibahas oleh Roy adalah “Chasing The High: How to scale as an engineer, manager and human”. Berikut ini beberapa intisari dan diskusi yang dapat kami rangkum:

  • Roy menjelaskan betapa pentingnya suatu perusahaan mempunyai budaya yang bisa diikuti oleh semua orang yang ada di perusahaan tersebut, termasuk para engineer. Contoh budaya yang dimiliki Facebook: Move fast and break things. Budaya Google: Don’t be evil.
  • Terdapat beberapa komponen yang membentuk budaya yang bagus: Observe Orient Decide Act, Worse is Better, There are no prima donnas in engineering, Strong opinions weakly held, Measure something & measure everything, Drive relentlessly towards automation, Engineering driven.
  • Amdahl’s Law sangat dianjurkan diterapkan oleh setiap engineer, baik dalam hal pekerjaan sehari-hari ataupun di dalam kehidupan kita.
  • Tantangan dari “engineering driven”:

Acara meetup Tech Talk @Tokopedia!

  • CEO Tokopedia, William Tanuwijaya sharing tentang bagaimana Tokopedia membangun budayanya. Budaya adalah sesuatu yang dibangun dari bawah, sesuatu yang harus diingat dan dijalankan dengan sungguh-sungguh dari hari ke hari.
  • Teman-teman dari OLX Indonesia bercerita bahwa budaya mereka adalah menggunakan data (data driven) untuk membantu orang semaksimal mungkin.
  • Engineer dari Veritrans sharing bahwa salah satu budaya mereka adalah selalu bertanya “kenapa?” untuk hal apapun.

Pembicara yang kedua dari tim internal Tokopedia, Andika Kurniantoro sebagai Technical Engineer. Topik yang dibawakan adalah “How Accessible is Your Service?” Andika membahas isu yang kerap muncul dalam availability sebuah web/service. Berikut beberapa keynote yang kami rangkum:

  • Ketika meluncurkan sebuah layanan ke internet, pertanyaan berikutnya adalah, seberapa mudah para pengguna mengakses layanan tersebut?
  • Pengguna di kota-kota besar seperti Jakarta lebih diuntungkan secara infrastruktur telekomunikasi yang sudah lebih matang dan banyaknya pilihan penyedia layanan jaringan pita lebar.
  • Masalah sering timbul kepada para pengguna yang berada di daerah yang jauh dari ibu kota, karena sering kali terkendala dengan minimnya penyelenggara jasa Internet dan infrastruktur yang kurang memadai.
  • Akibatnya, beberapa pengguna dari daerah sering kali menemukan kendala dalam mengakses layanan kita, dan sialnya hal ini terjadi pada layer aplikasi. Sementara secara jalur Internet baik-baik saja. Hal inilah yang sulit diatasi.
  • Hal ini terjadi karena kesulitan akses tersebut disebabkan oleh kebijakan internal penyedia layanan Internet yang bersangkutan. Akarnya kembali lagi adalah terbatasnya infrastruktur di daerah dan mahalnya harga bandwidth di Indonesia.
  • Peserta dari Kurio –sebuah aplikasi penyedia jasa kurasi berita—menambahkan pengalamannya ketika aplikasi Kurio sering tidak bisa diakses dikarenakan operator sering menyisipkan iklan pada laman yang diakses.
  • Sementara engineer dari OLX berbagi pengalaman tentang serangan akses yang bertubi-tubi (Distributed Denial of Service) yang berasal dari jaringan Opera Mini Amerika.

Selain berdiskusi dengan dua pembicara di atas, para peserta meetup Tech Talk @Tokopedia juga aktif berbincang dan networking sesama peserta.

Acara meetup Tech Talk @Tokopedia!

Saat jeda, para peserta sempat bermain board games sehingga acara jadi lebih fun. Obrolan hangat dan seru juga ditemani makanan dan minuman yang tersedia.

Acara meetup Tech Talk @Tokopedia! Acara meetup Tech Talk @Tokopedia!

It was great to see so many great people at this meetup. Sampai ketemu di Tech Talk @Tokopedia selanjutnya!

Artikel ini pertama kali ditulis di Tokopedia Tech Blog