Dosen Universitas Telkom Bandung Kunjungi Kantor Tokopedia

Selasa, Agustus 19th, 2014

Hai Toppers. Hari ini (19/08/2014)kantor Tokopedia kembali kedatangan banyak tamu lho. Penasaran siapa tamu yang datang kali ini? Kalau sebelum-sebelumnya yang berkunjung itu mahasiswa, nah kali ini giliran dosen-dosennya yang berkunjung ke kantor Tokopedia, lebih tepatnya dosen-dosen dari Universitas Telkom Bandung.

Acara kunjungan yang diikuti oleh sebanyak 38 Dosen Universitas Telkom Bandung dimulai dengan presentasi dari Eka Wiriya selaku perwakilan dari Tim Tokopedia. Dalam presentasi tersebut Eka menjelaskan tentang perjalanan Tokopedia hingga bisa tumbuh pesat seperti saat ini, mulai dari perjalanan mencari investor, mencari SDM hingga keterbatasan mencari partner logistik dan bank. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa Tokopedia dibangun untuk menjawab semua masalah yang dulunya sering dialami oleh para penjual dan pembeli online.

Dosen Universitas Telkom Bandung Kunjungi Kantor Tokopedia

“Jika berjualan melalui social media, penjual harus pusing menghitung ongkir, menjawab pertanyaan yang tidak penting dan sebagainya, di Tokopedia semua hal tersebut bisa diatasi. Bahkan buka toko di Tokopedia seperti punya asisten pribadi sendiri,” paparnya.

Setelah presentasi, acara pun dilanjutkan dengan sesi diskusi dan semua dosen yang hadir tampak begitu antusias saat mengajukan pertanyaan kepada tim Tokopedia.

Dosen Universitas Telkom Bandung Kunjungi Kantor Tokopedia

Salah satu pertanyaan yang dilontarkan oleh para dosen adalah sebenarnya darimana Tokopedia mendapat keuntungan? Menjawab pertanyaan tersebut, COO Tokopedia, Leontinus Alpha Edison mengatakan bahwa sampai saat ini Tokopedia memang belum mengambil komisi sama sekali alias gratis.

“Sampai saat ini kita memang masih belum mendapat keuntungan sama sekali. Semuanya memang perlu waktu. Namun untuk saat ini, kami sudah mulai mengembangkan fitur berbayar seperti Gold Merchant. Jika penjual ingin mendapatkan fasilitas yang lebih dapat menggunakan fitur tersebut. Tapi jika tidak ingin berlangganan Gold Merchant, para penjual juga tetap bisa berjualan di Tokopedia. Jadi itu hanya opsional saja,” jelas Leontinus saat menjawab pertanyaan dari salah satu dosen yang hadir.

Dosen Universitas Telkom Bandung Kunjungi Kantor Tokopedia

Setelah sesi diskusi berakhir, dosen-dosen hadir kali ini juga diberi kesempatan untuk berkeliling kantor Tokopedia untuk melihat suasana kantor dan proses kerja dari semua Tim Tokopedia.

Dosen Universitas Telkom Bandung Kunjungi Kantor Tokopedia

Salah satu Dosen dari Universitas Telkom Bandung, Eka Yuliana, menyatakan bahwa materi yang didiskusikan saat presentasi dan sesi tanya jawab sangat berkaitan dengan materi mata kuliah yang disampaikan saat perkuliahan, sehingga banyak yang bisa mereka terapkan saat menyampaikan materi perkuliahan kepada para mahasiswa-mahasiswanya.

“Salah satunya itu mengenai cara membangun bisnis. Jadi di mata kuliah entrepreneurship kita belajar tentang bagaimana cara membangun bisnis dari nol, bahkan minus. Nah cerita kedua founder Tokopedia yang tadi disampaikan, bisa kami tularkan kepada mahasiswa dan bisa menjadi motivasi bagi mereka untuk bisa membangun bisnis dari nol,” papar Dosen mata kuliah Entrepreneurship ini.

Dosen Universitas Telkom Bandung Kunjungi Kantor Tokopedia

Sementara dosen lainnya, Yuhana Astuti, menyatakan bahwa Tokopedia dapat membantu menyelesaikan kendala utama yang menghambat perkembangan UKM-UKM di Indonesia.

“Ambil contoh di Bandung sendiri, ada sangat banyak sekali UKM, seperti pengrajin baju, tas, sepatu dan sebagainya. Tapi kendalanya ada pada teknologi dan cara pemasaran. Kedepannya kami berharap Tokopedia bisa lebih mengedukasi para pemilik UKM dan menjawab masalah yang mereka alami,” ujar Dosen mata kuliah Manajemen Bisnis ini.

Dosen Universitas Telkom Bandung Kunjungi Kantor Tokopedia

Selain itu, ia juga berharap kedepannya Universitas Telkom Bandung dapat menjalin kerjasama dengan Tokopedia.

“Kalau bisa nanti mahasiswa-mahasiswa kami diberi kesempatan untuk melakukan riset dan magang di sini. Kami juga berharap nantinya pihak Tokopedia bisa datang ke tempat kami untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa-mahasiwa kami”, tutupnya.

Acara kunjungan ini kemudian ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari pihak Universitas Telkom Bandung kepada Tokopedia dan sebaliknya.

Dosen Universitas Telkom Bandung Kunjungi Kantor Tokopedia

Dosen Universitas Telkom Bandung Kunjungi Kantor Tokopedia

Nah bagi dosen dan mahasiswa dari universitas lain yang ingin berkunjung ke kantor Tokopedia, dapat mengajukan permohonan kunjungan dengan mengirimkan email ke: event@tokopedia.com