Tokopedia Temu Toppers : Gali Pengetahuan Bisnis Online Bersama Top Community Bekasi

Selasa, Maret 29th, 2016

Tim Bussiness Merchant and Development (BMD) Tokopedia kembali mengadakan acara bersama Komunitas Seller Bekasi yang diselenggarakan pada tanggal 3 Maret 2016 yang lalu, bertempat di Restaurant Cibiuk, Bekasi.

Namun, ada yang berbeda dengan jalannya acara pada Temu Top Community kali ini. Tim BMD mengawali acara dengan meminta peserta untuk duduk berkelompok dan mulai bertukar pikiran dalam FGD (focus group discussion). FGD berjalan selama kurang lebih 45 menit dan membahas beberapa kasus yang sudah disiapkan oleh Tim BMD.

bekasi 1

Selama FGD berlangsung, peserta tampak interaktif dan antusias bertanya jawab di tengah sesi FGD. Beberapa peserta juga mengemukakan pengalamannya terkait dengan penjualan dan transaksi selama bergabung di Tokopedia. Diskusi berjalan dengan baik, menduplikasi konsep serius tapi santai.

Acara ini cukup efektif untuk mengumpulkan beberapa seller Bekasi yang telah join di Tokopedia. Tentu saja, saya mengharapkan acara ini diadakan secara rutin,” kata Kistiana Aryati, pemilik dari kissupshop.

bekasi 2

Setelah diselingi santap siang yang telah disediakan, seluruh peserta kemudian melanjutkan sesi pembahasan dari FGD. Ada diskusi menarik saat sesi pembahasan kasus oleh Tim BMD, beberapa merchant memberi masukan seperti fitur baru misalnya New Features: stock update feature. Fitur ini berfungsi untuk update jenis barang, warna, dan stok. Sebagai contoh,  misal jual baju anak dengan jenis barang perem3puan/ atau laki-laki. Stok warna: biru, merah, hitam. Stok : 1,4, 5.

bekasi 3

Acara ini bermanfaat tentunya untuk teman-teman seller Bekasi dan kami juga dapat menyampaikan masalah-masalah yang pernah kami alami secara langsung,” kata Lucy Indrawati, pemilik dari tokokecilaja.

Tak dimungkiri, acara Temu Toppers menjadi sarana bagi Tim Tokopedia maupun merchant dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta penjualan. Beberapa masukan membangun juga disampaikan seperti kebanyakan buyer tidak membaca catatan toko yang telah dibuat oleh merchant. Hal ini kerap menimbulkan masalah saat transaksi telah berlangsung sehingga pada akhirnya mengarah pada pusat resolusi.

Diskusi yang dilakukan oleh tim Tokopedia sangat efektif, sehingga pendapat-pendapat yang dilontarkan oleh seller-seller yang ada langsung didengarkan oleh tim Tokopedia itu sendiri,”kata Rahadyan S, pemilik toko partkursikantor.

bekasi 4

Di sela-sela akhir acara, beberapa seller Bekasi mengemukakan bahwa sebaiknya acara sejenis ini diadakan secara rutin agar mereka dapat secara langsung mengemukakan pendapat. Selain itu, Temu Toppers diharap dapat menjadi wadah untuk menjaga kekompakan dari komunitas seller Bekasi.

Tak hanya berlangsung di sekitar Jabodetabek, rangkaian acara temu top Community ini juga telah berjalan di daerah luar Jabodetabek. Lewat terselenggaranya event seperti ini, diharapkan Komunitas Seller Tokopedia bisa semakin terus berkembang dan lebih baik lagi ke depannya.

Untuk menambah keseruan dalam Temu Toppers kali ini, tak lupa tim BMD juga mengadakan kuis dan memberikan merchandise pada para peserta yang berpartisipasi. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama tim dari Tokopedia.