Temu Toppers ke-9

Rabu, Agustus 13th, 2014

Hai Toppers. Hari Selasa kemarin (12/8/2014), Tokopedia kembali mengadakan Temu Toppers yang menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap 2 minggu sekali. Ada yang belum tahu apa itu Temu Toppers? Toped jelasin dulu deh. Jadi Temu Toppers merupakan kegiatan yang menjadi wadah untuk mengedukasi penjual tentang seputar fitur-fitur yang ada di Tokopedia, sekaligus untuk mendengarkan masukan-masukan dari para penjual.

Masih sama seperti tema Temu Toppers 8 yang diadakan 2 minggu yang lalu, Temu Toppers kali ini masih mengusung tema “Rahasia Sukses Berjualan Online”. Tema ini dipilih karena Temu Toppers 8-9 dikhususkan untuk mengedukasi dan mendengarkan pendapat para penjual yang baru membuka toko di Tokopedia.

Temu Toppers ke-9

Di mulai dengan sesi sharing yang disampaikan oleh Erwin Andreas, sekitar 20 Toppers yang hadir tampak begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Pada sesi ini Erwin menjelaskan tentang potensi pasar online di Indonesia, social media hingga masalah-masalah yang dialami saat berjualan melalui social media seperti banyak yang bertanya tentang hal-hal yang tidak penting, masalah ongkir dan banyak lagi masalah lainnya.

“Nah kemudian Tokopedia muncul menjawab semua masalah yang dialami para penjual saat berjualan melalui socmed”, tambahnya diakhir sharing.

Yang tidak kalah menariknya, di sini Tokopedia juga berbagi tips bagaimana untuk menjadi penjual online sukses, yang disampaikan oleh Tri Nugraha. Sedikitnya terdapat 10 tips jitu yang disampaikan oleh Tri, dua diantaranya adalah dengan menyajikan foto produk yang jelas serta menarik, dan mengutamakan service atau pelayanan.

“Jika tidak bisa bersaing secara harga, maka service yang harus digenjot. Berikan pelayanan terbaik yang bisa Anda berikan kepada pembeli. Kalau service oke, pasti pembeli akan puas dan kembali berbelanja di toko Anda”, jelasnya.

Temu Toppers ke-9

Sesi sharing kemudian dilanjutkan oleh Eka Wiriya yang menyampaikan penjelasan lengkap tentang fitur-fitur yang tersedia di Tokopedia, seperti fitur Promo, Gold Merchant, JOB, dan masih banyak fitur lainnya.

Setelah itu, kegiatan yang berlangsung di kantor Tokopedia ini dilanjutkan dengan sesi diskusi antara ketiga pembicara dan para penjual yang hadir. Pada kesempatan ini, para penjual bebas untuk bertanya tentang materi yang dibagikan, hingga memberi masukan-masukan kepada Tokopedia. Masukan dari para penjual tentunya akan ditampung, agar nantinya Tokopedia dapat semakin banyak menyediakan fitur-fitur yang bermanfaat bagi penjual maupun pembeli.

Temu Toppers ke-9

Salah satu Toppers yang datang, Andirga Setio Utomo, mengaku bahwa kegiatan-kegiatan seperti Temu Toppers ini sangat bermanfaat bagi seller untuk memahami fitur-fitur yang tersedia di Tokopedia. Selain itu, menurutnya tips-tips yang disampaikan oleh tim Tokopedia pun sangat membantu dan memungkinkan untuk ia terapkan dalam mengelola toko onlinenya.

“Saran saya, selain acara seperti ini, kalau bisa diadakan kelas khusus untuk penjual. Jadi di situ kita bisa punya lebih banyak waktu untuk berdiskusi, hingga belajar trik fotografi untuk pengambilan foto produk. Ini waktu 3 jam menurut saya kurang lama, gak terasa 3 jam udah lewat”, ujarnya sambil tertawa.

Hal senada disampaikan pula oleh Risya Ghina Azzahra. Salah satu penjual di Tokopedia yang masih duduk di bangku SMA ini mengatakan bahwa ia mendapatkan lebih banyak informasi dan pengetahuan tentang potensi pasar online dan Tokopedia melalui kegiatan Temu Toppers ini.

Temu Toppers ke-9

“Saya sudah bergabung sejak Maret 2014, tapi saya tidak langsung aktif karena belum mengerti tentang sistem dan fitur di Tokopedia. Dengan kegiatan ini, saya jadi lebih mengerti tentang sistem di Tokopedia”, papar gadis berkerudung ini.

Temu Toppers ke-9 ini tidak hanya diikuti oleh penjual yang berasal dari wilayah Jabodetabek saja lho, tapi ternyata ada juga yang sengaja datang jauh-jauh dari pulau Sumatera. Yup, salah satu penjual baru di Tokopedia, Faturahman, rela datang jauh-jauh dari Lampung ke Jakarta khusus untuk mengikuti kegiatan Temu Toppers ini.

Temu Toppers ke-9

Ia mengaku termotivasi untuk mengikuti kegiatan ini karena setelah merasakan langsung mudah dan cepatnya berjualan online melalui Tokopedia, ia ingin memahami lebih jauh tentang jualan online dan potensi pasar online di Indonesia.

“Di tempat saya di Lampung kan belum banyak yang ngerti tentang jualan online. Dengan mengikuti kegiatan ini, saya jadi dapat banyak informasi dan pengetahuan tentang pasar online, yang nantinya bisa saya bagikan kepada teman dan keluarga saya di sana”, ujar pria yang baru pertama kali berjualan online ini.

Nah bagaimana Toppers? Seru kan Temu Toppers ke-9 kali ini? Sampai jumpa di Temu Toppers berikutnya yah, yang pastinya dengan topik-topik menarik lainnya 😀