Tokopedia Berbagi Ilmu dengan Para Mahasiswa Telkom University

Senin, November 3rd, 2014

Halo, Toppers! Pada hari Jumat, 31 Oktober 2014 kemarin Tokopedia kembali bertandang ke Kota Kembang, lho. Wah wah, apa Tokopedia hendak merayakan Halloween bersama Toppers Bandung? Blojir maunya sih begitu, tapi idenya ditampung dulu ya buat tahun-tahun mendatang, hehe.

Tujuan tim Tokopedia berkunjung ke Bandung, tepatnya di Telkom University, adalah untuk menghadiri dua acara yang diselenggarakan di sana. Apa sajakah? Acara pertama diisi dengan kuliah umum, kemudian pada siang harinya dilanjutkan dengan workshop UMKM (untuk workshop akan diulas pada artikel berikutnya).

Telkom University fakultas Ekonomi dan Bisnis, jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, bekerjasama dengan Tokopedia menggelar kuliah umum dengan tema “How to be a Technopreneur” serta “The Rise of Internet Generation”

Tokopedia Berbagi Ilmu dengan Para Mahasiswa Telkom University

Kuliah umum yang berlokasi di aula gedung fakultas industri kreatif ini dimulai pukul delapan pagi. Ratusan mahasiswa/i, yang sebagian besar sudah memasuki kuliah di tahun keempat ini, cukup antusias dalam mengikuti perkuliahan umum. Terlihat dari mereka yang sudah datang dan duduk memenuhi kursi-kursi aula, bahkan pada 15-10 menit sebelum acara benar-benar dimulai.

Tokopedia Berbagi Ilmu dengan Para Mahasiswa Telkom University

Kuliah umum diawali dengan materi “How to be a Technopreneur” dari Pak Jurry, salah seorang dosen Telkom University. Sebagai intro, Pak Jurry menjabarkan tentang berbagai bentuk entrepreneur, salah satunya adalah digitalpreneur yang diwakili oleh Tokopedia. Lalu diteruskan dengan potensi-potensi serta berbagai tantangan yang dihadapi oleh ekonomi kreatif berbasis digital.

Ranu Prasetyo, Merchant Relations dari Tokopedia berbicara di sesi kedua. Sebelum masuk ke Tokopedia, Ranu melempar pertanyaan dasar, “Apa itu e-commerce?” untuk mencairkan suasana. Pertanyaan itu memancing para mahasiswa/i untuk mengangkat tangan mereka, tapi tentu aja hanya satu orang yang akhirnya dipilih untuk menjawab. Sebuah tumbler cantik dari Tokopedia pun diberikan kepada mahasiswi yang berhasil menjawab pertanyaan perdana ini.

Tokopedia Berbagi Ilmu dengan Para Mahasiswa Telkom University

Seperti yang sering dibawakan setiap kunjungan ke kampus, Ranu memberikan pengenalan tentang Tokopedia pada presentasinya. Dimulai dari hal yang melatarbelakangi terbentuknya Tokopedia, solusi yang Tokopedia berikan kepada para penjual dan pembeli online, visi-misi, serta fitur-fitur unggulan Tokopedia.

Tokopedia Berbagi Ilmu dengan Para Mahasiswa Telkom University

Selesai presentasi Ranu mengadakan sesi pertanyaan berhadiah. Kalau udah denger kata hadiah langsung pada semangat deh para mahasiswa dan mahasiswi Telkom University ini, hihi… Pertanyaan yang diberikan dasar-dasar aja, kok. Tapi para pemirsa kesulitan waktu menjawab pertanyaan ketiga soal nama investor terbaru Tokopedia. Empat mahasiswa dan mahasiswi berusaha menjawab, tapi tidak kunjung benar (waduh).

Kemudian giliran para mahasiswa/i yang bertanya ke Tokopedia.

Tanya: Apakah Tokopedia dapat menyediakan data jika mahasiswa ingin melakukan penelitian tentang Tokopedia?

Jawab: Data yang bisa Tokopedia berikan tentunya yang bersifat umum saja. Tapi jika mahasiswa ingin melakukan penelitian, bisa langsung menghubungi divisi Public Relations kami.

Tanya: Tokopedia untungnya dari mana?

Jawab: Ini selalu ditanyakan setiap saat, haha. Walaupun Tokopedia tidak memungut biaya dalam pembukaan toko, juga tidak mengambil komisi penjualan, kami ada fitur berbayar Gold Merchant. Tokopedia juga tengah mengembangkan fitur TopAds untuk mengiklankan produk.

Tokopedia Berbagi Ilmu dengan Para Mahasiswa Telkom University

Tanya: Bagaimana upaya Tokopedia dalam mendukung UKM?

Jawab: Tokopedia menjadi platform bagi para penjual (termasuk UKM) untuk dapat membuka toko online. Tokopedia juga memberikan fitur-fitur yang dapat memudahkan UKM dalam mengelola tokonya. Lalu tentu saja, dengan berjualan di Tokopedia, para pengusaha UKM dapat memperluas pasar ke seluruh propinsi Indonesia.

Tanya: Transaksi Tokopedia didominasi oleh Pulau Jawa, khususnya Jakarta. Bagaimana dengan daerah lain? Cara Tokopedia untuk menjangkau UKM di wilayah lainnya?

Jawab: Selama akhir tahun 2014 ini Tokopedia mengadakan roadshow ke beberapa kota besar di Indonesia. Meski belum dapat menjangkau seluruh wilayah, ini adalah langkah awal kami dalam menggandeng UKM-UKM di luar Jakarta.

Tokopedia Berbagi Ilmu dengan Para Mahasiswa Telkom University

Berakhirnya sesi tanya jawab pun menandakan usainya kuliah umum ini. Terima kasih Telkom University, atas kerjasamanya dalam kuliah umum “The Rise of Internet Generation”

Tokopedia Berbagi Ilmu dengan Para Mahasiswa Telkom University

Biarpun kuliah umum sudah berakhir, beberapa mahasiswa/i Telkom University tampaknya masih ingin mengorek info seputar Tokopedia. Para mahasiswa/i ini pun menghampiri Ranu. Dan usut punya usut, kayaknya mereka mau mengadakan proyek rahasia gitu dan mengajak Tokopedia untuk bekerjasama. Soal apa dan bagaimana pelaksanaannya, tentu masih harus melalui serangkaian pembicaraan lebih lanjut, hehe.

Baca juga liputan tentang Workshop UMKM “Why have to be Online” ya!