Tokopedia CSR: Dukung Pendidikan, Tokopedia Berbagi Ilmu Bersama Paud Rama-Rama

Selasa, Mei 3rd, 2016

Memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2016 kemarin, tim Tokopedia berkunjung ke Paud Rama-Rama yang merupakan salah satu yayasan di bawah naungan Andy F Noya. Paud Rama-Rama berlokasi di Kampung Dadap, Serpong – Tangerang yang sudah didirikan sejak tahun 2010 dan sekarang dikelola oleh sang istri, Palupi Noya atau akrab dipanggil Bunda Upik. Lewat Yayasan Rama-Rama ini, Bunda Upik berharap dapat memberikan pendidikan yang layak untuk anak-anak yang tinggal di sekitar perkampungan tersebut.

Paud Rama-Rama

Paud Rama-Rama

Saat tim Tokopedia sampai di sekolah ini, para adik-adik mulai dari Paud sampai TK A  sedang asik bermain sambil belajar. Sekolah Paud Rama-Rama ini dibagi menjadi 3 kelas, 1 kelas untuk Paud dan 2 sisanya untuk TK A.

Paud Rama-Rama

Suasana belajar di Paud Rama-Rama

Di sini juga terdapat perpustakaan mini yang dipenuhi ratusan buku untuk membiasakan adik-adik di sini agar hobi membaca sejak usia dini.

Paud Rama-Rama

Taman Bacaan di Paud Rama-Rama

Kedatangan tim Tokopedia langsung disambut hangat oleh Bunda Upik. Beliau dengan semangat menceritakan tentang tingkah lucu adik-adik di Paud Rama-Rama yang beragam. Ada yang centil, judes, bahkan ada yang mengaku kalau dia sudah punya pacar lho! Haha. Polos banget kan tingkah mereka.  

Paud Rama-Rama

Paud Rama-Rama

Paud Rama-Rama memiliki beberapa tenaga pengajar, ada pengajar tetap dan banyak juga mereka yang mau mengajar dengan sukarela dan tanpa dibayar sepeserpun. Dari 115 anak yang ikut belajar di Paud Rama-Rama ini, hampir seluruhnya tinggal di Kampung Dadap. Setiap bulannya, masing-masing anak dipungut biaya sebesar Rp 30.000,-

Paud Rama-Rama

Setelah puas berbincang dengan Bunda Upik, tim Tokopedia tidak sabar untuk langsung bertemu dengan anak-anak di sana. Kami dipecah menjadi beberapa orang untuk bantu mengajar di 3 kelas. Kehadiran kami langsung disambut ceria oleh mereka yang saat itu sedang belajar. Melihat mereka yang sedang seru menyelesaikan tugas, kami pun ikut membantu mereka. Ada yang sedang menulis angka 1 sampai 10, belajar menulis huruf dan juga ada beberapa yang sedang asik mewarnai.

Paud Rama-Rama

Paud Rama-Rama

Paud Rama-Rama

Buat Adik-adik yang menyelesaikan tugasnya dengan baik, mereka mendapatkan sticker lucu dari Tokopedia dan mereka terlihat sangat antusias sekali. 

Paud Rama-Rama

Bahkan sampai ada yang langsung menempel sticker diwajahnya. Lucu kan tingkah laku mereka?

Paud Rama-Rama

Tepat pukul 11 siang adalah waktu istirahat dan makan siang, para anak-anak pun langsung berkumpul mengitari meja yang sudah disusun, lengkap dengan bekal mereka masing-masing.

Paud Rama-Rama

Sebelum makan, nggak lupa cuci tangan dulu dong.

Paud Rama-Rama

Paud Rama-Rama

Para adik-adik sangat lahap menyantap bekal mereka. Selesai makan, ini waktu yang paling mereka tunggu-tunggu. Apalagi kalau bukan waktunya bermain bersama teman-teman.

Paud Rama-Rama

Paud Rama-Rama

Setelah selesai istirahat, waktunya pulang sekolah! Namun sebelum, itu tim Tokopedia mengajak para anak-anak dan pengajar yang dipanggil dengan sebutan Bunda, untuk berfoto bersama. Banyak momen-momen lucu yang terjadi saat foto bareng ini, lho. Salah satunya adalah nggak gampang mengumpulkan para adik-adik ini buat foto bersama, karena mereka lebih suka berlarian kesana kemari. Hehe. 

Paud Rama-Rama

Paud Rama-Rama

Sebagai kenang-kenangan sekaligus pemberi semangat untuk adik-adik lucu ini, di akhir acara Tokopedia memberikan hadiah untuk berupa pensil warna, buku gambar dan mainan balok.

Paud Rama-Rama

Paud Rama-Rama

Tokopedia berharap lewat kegiatan ini, Tokopedia bisa ikut berkontribusi dalam  memajukan pendidikan para penerus bangsa di Indonesia.

Paud Rama-Rama  

Toppers juga bisa ikut memajukan pendidikan di Indonesia lewat hal-hal sederhana yang bermanfaat untuk lingkungan disekitarmu, salah satunya adalah dengan mulai melestarikan budaya membaca.

Nantikan, aksi Tokopedia selanjutnya yang nggak kalah seru dan pastinya menginspirasi. See you! 🙂