Tokopedia Nyabu Untuk Rusun Marunda

Selasa, Mei 19th, 2015

Menyambut Hari Buku Nasional pada tanggal 17 Mei 2015 kemarin, Tokopedia menggelar sebuah kegiatan sosial yang bertajuk Tokopedia Nyabu (Tokopedia Nyari Buku). Dengan program ini, Tokopedia mengajak masyarakat luas untuk berbagi kepada sesama dengan menyumbangkan buku yang berisi ilmu pengetahuan umum baik buku baru maupun buku yang pernah dipakai sebelumnya, buku gambar dan buku tulis baru, serta buku lain yang layak dikonsumsi oleh pelajar baik tingkat TK, SD, SMP, maupun SMA.

Program Tokopedia Nyabu ini dijalankan bekerja sama dengan beberapa kampus, seperti Himakom Universitas Atma Jaya, Departemen Marketing Komunikasi Binus University, IBII Marketing Society Kwik Kian Gie Business School, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UKRIDA, Ciputra GEPI Incubator, Jurusan Technopreneurship Universitas Surya, serta Hima Pariwara Universitas Mercu Buana. Selama 7 hari, Tim Tokopedia Nyabu membangun sebuah pos sementara di kampus-kampus yang bekerja sama dalam program ini. Pos tersebut berfungsi untuk menampung buku-buku yang disumbangkan oleh mahasiswa dan mahasiswi, serta masyarakat umum di sekitar kampus. Tidak hanya itu, Tokopedia juga mengajak seluruh Nakama yang bekerja di Tokopedia untuk turut serta “Nyabu” dengan menyumbangkan buku-buku yang nantinya bermanfaat bagi sekitar.

Animo masyarakat terhadap kegiatan amal ini tergolong cukup tinggi. Terbukti dalam waktu yang cukup singkat, Tim Tokopedia Nyabu berhasil mengumpulkan lebih kurang 1000 buku. Dan pada hari Senin, 18 Mei 2015, Tim Tokopedia Nyabu menyerahkan buku-buku hasil sumbangan tersebut kepada pihak Taman Baca Rumah Susun  Marunda. Ibu Ani, salah satu dari tenaga pengajar di sekolah taman kanak-kanak Al-Muhajirin yang juga pengurus Taman Baca Rumah Susun Marunda menerima buku-buku tersebut dengan suka cita. Pihaknya sangat terbantu dengan adanya program Tokopedia Nyabu ini.

Tokopedia Nyabu Untuk Rusun Marunda

Tokopedia Nyabu Untuk Rusun Marunda

Ketika tim Tokopedia Nyabu mengunjungi lokasi Rumah Susun Marunda, kondisi Taman Baca dan TK yang berada di lokasi tersebut cukup memprihatinkan. Taman kanak-kanak yang bernama Al-Muhajirin tersebut hanya memiliki dua ruang kelas dan satu ruang administrasi yang juga sebagai ruang koleksi buku.

 

Tokopedia Nyabu Untuk Rusun Marunda

Tokopedia Nyabu Untuk Rusun Marunda

Tokopedia Nyabu Untuk Rusun Marunda

Taman Baca dan TK Al-Muhajirin di Rumah Susun Marunda ini tidak memungut bayaran dari para siswanya. Selama ini, taman kanak-kanak tersebut hanya mengandalkan dana dari para donatur yang ada. Tokopedia sebagai salah satu perusahaan internet di Indonesia juga ingin membantu Taman Baca dan TK Al-Muhajirin ini dengan menyalurkan buku-buku hasil donasi dari kegiatan sosial Tokopedia Nyabu.

Tokopedia Nyabu Untuk Rusun Marunda

Dengan donasi buku ini, diharapkan masyarakat terutama anak-anak yang tinggal di lingkungan sekitar Rumah Susun Marunda dapat dengan mudah mendapatkan ilmu pengetahuan dari buku yang tersedia. “Semakin banyak membaca buku, jendela dunia akan semakin luas terbuka,” tutur Siti Fauziah, Public Relation Tokopedia. Perempuan yang akrab disapa Puji ini juga menambahkan bahwa Tokopedia Nyabu merupakan bentuk kepedulian dari Tokopedia kepada masyarakat, sebab semakin tinggi minat baca, maka bangsa ini juga akan semakin cerdas.