Tokopedia Roadshow 2016: Berani Keluar dari Zona Nyaman, Kunci Kesuksesan

Jumat, Juni 10th, 2016

Setelah menyambangi kota Balikpapan, tim Tokopedia langsung melanjutkan perjalanan ke bagian timur Kalimantan, yaitu kota Samarinda. Disini ada tiga kegiatan utama yang diadakan untuk para Toppers, termasuk Tokopedia Beraksi, Temu Toppers, dan Talk Show.

Tokopedia Beraksi bersama PPDI SamarindaĀ 

Di hari pertama kedatangan di kota Samarinda, tim Tokopedia langsung bertemu dengan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Samarinda. Di sini, tim Tokopedia memperkenalkan kepada para teman-teman PPDI apa itu e-commerce, marketplace, dan Tokopedia itu sendiri. Tim Tokopedia berharap dengan bertemunya tim Tokopedia dan PPDI Samarinda bisa membantu para anggotanya untuk berani menciptakan peluangnya di dunia online.

20160520_142849_Richtone(HDR) kecil

 

20160520_151802_Richtone(HDR) kecil

Selain berbagi wawasan tentang dunia bisnis online, Tokopedia juga tidak lupa mendonasikan cup sealing machine dan mesin jahit untuk mendukung kegiatan para anggota PPDI. Pastinya tim Tokopedia berharap alat-alat ini akan membuat para anggota PPDI Samarinda makin semangat dalam beraktivitas.

20160520_153904_Richtone(HDR) kecil

Setelah bertemu dengan teman-teman PPDI Samarinda, acara berlanjut ke Temu Toppers yang mengundang para seller Samarinda untuk berbagi tips dan trik berjualan online.

Temu Toppers

Temu Toppers kali ini diadakan di Hotel Amaris Samarinda. Pastinya di kesempatan kali ini, tim Tokopedia berbabgi banyak hal tentang bagaimana mengoptimasi penjualan online, terutama di Tokopedia. Di acara ini, Toppers juga berkesempatan untuk “curhat” langsung ke tim Tokopedia šŸ™‚

Oh iya, khasnya acara Tokopedia adalah: bagi-bagi hadiah! Selain souvenir, Toped juga membagikan smartphone dan modem Smartfren bagi Toppers yang beruntung. Semoga bermanfaat untukĀ bisnis online kalian, ya!

20160520_193958_Richtone(HDR) kecil

20160520_203257_Richtone(HDR) kecil

Ci5o4UdUYAEmUN4

Setelah Temu Toppers, akan ada penutup dari rangkaian Tokopedia Roadshow Samarinda, yaitu Talk Show bersama komika Setiawan Yogy dan inspiring seller Dina Sri Agustin pemilik toko Dina Wallsticker di Tokopedia.

Talk Show bersama Inspiring SellerĀ Dina Sri Agustin dan komika Setiawan Yogy

Kegiatan Tokopedia di Samarinda berakhir acara utama Roadshow, Talk Show bersama tiga narasumber digelar di Hotel Aston Samarinda. Di hari Sabtu tanggal 21 Mei 2016 itu, walaupun hujan, tidak mengurangi semangat para Toppers untuk datang ke acara ini, lho!

Di Talk Show kali ini ada tiga narasumber yang Tokopedia undang untuk berbagi kisahnya kepada para Toppers. Inspiring seller yang diajak kali ini adalah Dina Sri Agustin, pemilik toko “Dina Wallsticker” di Tokopedia. Lalu ada komika asli Samarinda yaitu Setiawan Yogy, dan PR Executive Tokopedia Puji.

Sebelum acara talk show dimulai, ada sambutan hangat dari perwakilan JNE Samarinda, yaitu Bapak Masdari selaku Supervisor Marketing JNE Samarinda. Di kata sambutannya, beliau berkata bahwa JNE mendukung bisnis e-commerce di Samarinda, terutama UKM. Maka dari itu, Toppers jangan ragu lagi untuk mulai berbisnis ya, karena pasti ada yang dukung! šŸ™‚

20160521_111850_Richtone(HDR) kecil

Bapak Masdari, Supervisor Marketing JNE Samarinda

Agar suasana makin cair, masuklah komika Setiawan Yogy. Yogy berhasil mengocok perut para Toppers yang hadir dengan sentilan-sentilan lucunya. Setelah kira-kira 15 menit menghibur para peserta, diundanglah dua pembicara selanjutnya yaitu Dina dan Puji.

Acara makin seru ketika Dina ditanya ceritanya sebelum menjadi top seller di Tokopedia. Dina yang dahulu bekerja sebagai karyawan swasta tidak merasa puas dengan karirnya yang stagnan. Akhirnya Dina mengambil resiko dengan “banting setir” untuk memulai berbisnis online. Walaupun tidak berawal dengan mulus, Dina tetap konsisten dan tidak menyerah dalam membangun bisnisnya. “Dulu gaji saya di bawah 2 juta. Sekarang pemasukkan bersih minimal 16 juta,” ucap Dina.Ā Dina juga meneruskan bahwa, untuk menggapai kesuksesan, harus diawali dengan niat yang bulat dan dan keyakinan bahwa kita pasti bisa.

Puji sendiri menimpali cerita Dina, “Tokopedia disini hanya sebuahĀ platformĀ  atau wadah. Untuk menjadi sukses adalah pilihan para penggunanya, seperti Ibu Dina yang berani menciptakan peluangnya.” Puji juga menyemangati para Toppers untuk berani memulai usaha. “Dengan teknologi yang semakin maju, kesempatan makin terbuka lebar untuk menciptakan peluang termasuk di Tokopedia,” ujarnya.

Sebelum talk show berakhir, Yogy juga berpesan pada semua Toppers yang hadir, “TemukanĀ passionĀ kamu dalam melakukan sesuatu. Kamu nggak akan berasa kerja kalau sesuaiĀ passion.

20160521_112041_Richtone(HDR) kecil

Setiawan Yogy beraksi

 

20160521_114709_Richtone(HDR) kecil

20160521_114448_Richtone(HDR) kecil

Para narasumber (ki-ka): Puji, Dina, dan Yogy

20160521_111204 kecil

Bagi-bagi souvenir dari JNE dan Tokopedia

20160521_124430_Richtone(HDR) 700

Foto -foto seru di photobooth

Ci9Ext-VEAE0VdV

Foto bersama dengan semua Toppers yang hadir

Selesai lah acara Tokopedia Roadshow Samarinda 2016. Terima kasih untuk para pihak yang mendukung kesuksesan acara ini, termasuk JNE, Smartfren, para mahasiswa Universitas Mulawarman, dan tentunya para Toppers yang sudah berpartisipasi dalam acara talk show ini. Sampai jumpa di Roadshow selanjutnya!