Tokopedia Roadshow 2016: Toppers Balikpapan yang Kreatif dan Rajin

Selasa, Juni 7th, 2016

Perjalanan tim Tokopedia di pulau Kalimantan dimulai dengan berkunjung ke kota Balikpapan. Ingin tau keseruan tim Tokopedia selama berkunjung di kota termahal se-Indonesia ini? Baca blog di bawah ini, yuk!

Siaran di Radio KPFM

Setelah mendarat di bandara Sepinggan Balikpapan, tim Tokopedia langsung menuju ke salah satu radio lokal Balikpapan yaitu Radio KPFM. Di sini, PR Executive Tokopedia, Puji, dan salah satu top seller Tokopedia, Kiko Ardiansjah, diundang bersiaran di program “Karir dan Keluarga Jessica”.

Para narasumber, Puji dan Kiko.

Di studio siaran bernuansa biru itu, dua narasumber diajak bercakap-cakap tentang Tokopedia, event Road Show Tokopedia, dan berbagi tips dan trik jual-beli. Pada saat ditanya kenapa Balikpapan dipilih sebagai salah satu lokasi Tokopedia Road Show,  Puji berkata bahwa kota emas ini sangat potensial dalam dunia marketplace, terbukti dari tingginya angka pengguna Tokopedia dari Balikpapan. Kiko juga ditanya tentang pengalamannya berjualan di Tokopedia selama lima tahun terakhir. Seller sekelas Kiko pun masih sering bertemu dengan pembeli-pembeli yang unik, lho, Toppers. “Ya dijadikan pengalaman saja,” ujar Kiko sambil tersenyum.

Setelah satu jam mengudara di Radio KPFM, tim Tokopedia pun melanjutkan perjalanan ke Hotel Swiss Bell In Hotel Balikpapan untuk acara puncak, Talk Show Tokopedia.

Talk Show Bersama Inspiring Seller Kiko Ardiansjah dan Komika Ge Pamungkas

Masuk ke puncak acara Road Show Tokopedia, yaitu Talk Show. Seperti biasa, ada tiga narasumber yang diundang untuk mengisi Talk Show ini, termasuk inspiring seller Kiko Ardiansjah, komika Ge Pamungkas, dan PR Executive Tokopedia, Puji.

Di sini, tiga narasumber berbagi kisahnya dalam mencapai posisi mereka pada saat ini. Sebelum Talk Show dimulai, ada sambutan dari pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Balikpapan serta JNE Balikpapan. Bapak Malik, perwakilan dari Disperindag dan Walikota Balikpapan, berkata bahwa Balikpapan memiliki kesempatan yang terbuka lebar untuk berbisnis daring.

Kepala Cabang JNE Balikpapan, Bapak Jose Junior

Selain perwakilan dari Disperindag, ada juga perwakilan dari JNE, yaitu Bapak Jose Junior selaku kepala cabang JNE Balikpapan, yang menyambut acara ini dengan hangat. Disini Pak Jose berbagi tentang aplikasi terbaru JNE, yaitu My JNE. Aplikasi ini bisa membantu terutama para pelaku UKM untuk mengetahui proses pengiriman dan penerimaan barang. Nah, Toppers Balikpapan, kurang apa lagi? Yuk ciptakan peluangmu!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Foto-foto seru di photo booth

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Ge Pamungkas sedang beraksi

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Para narasumber di acara Tokopedia Road Show Balikpapan 2016.

Akhirnya datang juga yang ditunggu-tunggu yaitu komika Ge Pamungkas. Dengan gaya khasnya yang membawakan materi stand up comedy dengan semangat, Ge berhasil mengundang gelak tawa dari para penontonnya. Setelah kira-kira 15 menit panggung diserahkan ke Ge, diundanglah dua pembicara selanjutnya yaitu inspiring seller Kiko Ardiansjah dan PR Executive Tokopedia Puji.

Kiko yang baru pertama kali bergabung di acara Tokopedia Road Show terkagum dengan antusias Toppers Balikpapan yang mengikuti acara ini. Awalnya Kiko kira acaranya akan sebesar Temu Toppers yang biasa diadakan di kantor Tokopedia, eits ternyata dia salah sangka. Tapi Kiko jadi makin semangat berbagi tipsnya dalam berjualan daring. Pemilik toko “Dreamshop” di Tokopedia ini mengaku berpegang teguh padah dua hal, yaitu integritas dan pelayanan. “Integritas disini adalah konsisten dan jujur dalam berbisnis. Kalau pelayanan, ya, kita harus semaksimal mungkin melayani para konsumen,” ujar Kiko. Puji sendiri setuju dengan dua hal tersebut, karena integritas dan pelayanan adalah dua hal yang penting untuk mejaga kepercayaan para konsumen. Bagaimana dengan komika? Ge berkata bahwa persaingan makin ketat di dunia stand-up comedy, dan maka dari itu sangat penting untuk para komika untuk selalu berinovasi.

Pada akhir acara, Kiko memberikan tips terakhir kepada para Toppers. “Banyak orang yang kreatif, tapi sedikit yang rajin. Kreatif aja nggak cukup. Kita juga harus jadi orang yang rajin,” katanya.

Tokopedia Beraksi di Rumah Kreatif Balikpapan

Satu hari setelah Talk Show diadakan, tim Tokopedia masih melanjutkan agenda di Balikpapan dengan berkunjung ke Rumah Kreatif Balikpapan. Komunitas yang tahun ini akan berumur 5 tahun ini menaungi 60 anak asuh, dimana semuanya adalah masyarakat lokal Balikpapan.

Produk khas yang paling diminati adalah batik Balikpapan. Saat ditanya apa yang membuat batik Balikpapan berbeda, jawabannya adalah bahan pewarnanya yang alami. Ada berbagai bahan-bahan alami termasuk jolawe, tunjung, tegeran, dan witola yang merupakan tanaman asli dari Balikpapan. Warna alami dari tumbuhan-tumbuhan inilah yang memberikan warna khas biru keabu-abuan pada batik Balikpapan.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Batik Balikpapan

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Tim Tokopedia belajar membatik

Selain kain batik, para anggota Rumah Kreatif Balikpapan ini juga membuat berbagai kerajinan tangan dengan memakai barang-barang bekas, lho.  Lihat nih, foto-fotonya di bawah. Ada tas, baju boneka, bahkan kipas yang terbuat dari plastik bekas! Kreatif sekali, ya. Melihat aktifnya Rumah Kreatif Balikpapan dalam berkreasi dan menciptakan peluang, Tokopedia pun mendukung kegiatan mereka dengan berdonasi perlengkapan kerajinan tangan termasuk kompor listrik untuk membatik. Tokopedia berharap dengan donasi ini, para anggota Rumah Kreatif Balikpapan makin semangat dan rajin dalam berkreasi, ya! Sampai jumpa di lain waktu 🙂

SAMSUNG CAMERA PICTURES

 

SAMSUNG CAMERA PICTURES

 

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Tokopedia berdonasi memberikan kompor listik untuk perlengkapan membatik.

Temu Toppers Balikpapan

Agenda tim Tokopedia di Balikpapan berlanjut di malam harinya, yaitu acara Temu Toppers. Di acara yang diselenggarakan di Fave Hotel ini, ada Puput dari tim Business and Merchant Development Tokopedia berbagi cara-cara tepat mengoptimalkan berbisnis daring. Memang Temu Toppers ini pas banget ya, untuk jadi ajang berbagi tips dan trik, serta menambah koneksi antar Toppers. Selain berbagi tips, pasti Toped juga bagi-bagi souvenir untuk para Toppers yang bergabung di acara ini.

20160519_202642 keci

20160519_210111_Richtone(HDR) kecil

20160519_210220_Richtone(HDR) kecil

20160519_210708_Richtone(HDR) kecil

 

Temu Toppers menandai selesainya rangkaian acara Tokopedia Roadshow Balikpapan 2016. Tokopedia berterima kasih untuk semua pihak yang mendukung kesuksesan acara ini termasuk JNE dan Smartfren. Dan pastinya semua bintang tamu serta Toppers yang tanpa kehadirannya acara ini tidak akan berjalan dengan mulus. Sampai jumpa di lain waktu, salam sukses!