Tokopedia Roadshow Bandung 2015: Kerja Keras Tanpa Pamrih Merupakan Kunci dari Keberhasilan dalam Menjalankan Usaha Apapun

Senin, Desember 28th, 2015

Rangkaian Tokopedia Roadshow 2015 berujung di Kota Kembang, Bandung. Acara yang diadakan di Grand Pasundan Convention Hotel ini dihadiri Toppers dari Bandung dan sekitarnya. Walaupun acara baru dimulai pada pukul 19:30, Toppers Bandung sudah mulai mendatangi lokasi dari pukul 18:00, lho. Toped suka nih dengan antusiasnya Toppers Bandung! Seperti di setiap Tokopedia Roadshow lainnya, para peserta bisa foto-foto dulu sebelum masuk ke dalam ruangan Malibu Dome, tempat talkshow ini berlangsung.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

 

Lalu pukul 19:30 acaranya pun dimulai. MC hari itu, Ninit, mengawali acara dengan menyapa semua peserta dan mengajak mereka bermain games. Semua peserta diajak berdiri dan mengangkat tangan, dan setelah itu diajak mencari kupon hadiah yang diletakkan di bawah kursi peserta yang beruntung. Para pemenang games mendapatkan hadiah dari Tokopedia serta JNE dan Smartfren, sponsor acara roadshow ini.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Setelah bagi-bagi hadiah, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Johari Zein, selaku pendiri dari JNE. Bapak Johari mengatakan bahwa dalam berjualan harus service-minded atau mengutamakan kepuasan pelanggan. Hal ini bisa dimulai dengan interaksi dengan pelanggan.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Lalu, datang juga yang ditunggu-tunggu: tiga pencipta peluang yaitu Nurul, pemilik KamehaShop; Abdurrahim pemilik GoMuda; serta Uus, komika terkenal.

Nurul dari KamehaShop bercerita bahwa tantangan berjualan online adalah membangun kepercayaan pelanggan. “Karena orang tidak bisa melihat langsung barang sebelum membeli, masih banyak orang yang tidak percaya dengan belanja online,” ujar Nurul.

Nurul yang sudah berjualan di Tokopedia sejak tahun 2011 pastinya sudah merasakan perjuangan membangun kepercayaan pelanggan di toko onlinenya. Sekarang KamehaShop sudah berhasil menjual ribuan produk dan mulai membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang sekitarnya.

Di sisi lain, Abdurrahim yang menjual sweater pria di toko onlinenya, GoMuda, berkata bahwa ia masih mempunyai pekerjaan tetap sebagai guru saat dia memulai berjualan online. “Saat saya lihat toko online saya mulai berkembang, saya berpikir, apakah saya mau meneruskan menjadi guru atau fokus ke toko online,” ujar pria yang akrab dipanggil Aim tentang salah satu tantangan yang ia hadapi. Namun, Aim sekarang sudah fokus menjalani bisnis GoMuda.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pencipta peluang terakhir yang diundang Toped dalam Roadshow Bandung adalah komika terkenal, Uus. Dengan gayanya yang jenaka, Uus sukses membuat semua peserta tertawa terbahak-bahak. Uus juga tidak lupa menceritakan perjuangannya yang dulu menyelami olahraga basket harus berpindah haluan karena mengalami cedera. Lalu Uus mencoba menjadi penyiar radio, dan akhirnya berlabuh di dunia komika lewat ajang Stand Up Comedy Indonesia.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Kisah-kisah inspiratif tiga pencipta peluang, Nurul, Abdurrahim, dan Uus menuai beberapa pertanyaan dari para peserta. Peserta ingin tahu “resep” sukses mereka semua. “Selama perjalanan hidup saya dari main basket sampai sekarang, saya menyadari satu hal. Kerja keras tanpa pamrih merupakan kunci keberhasilan dalam menjalani usaha apapun,” ujar Uus.

Tokopedia Roadshow Bandung yang menjadi penutup rangkaian roadshow Tokopedia tahun ini disambut dengan meriah oleh para Toppers, terbukti dengan hashtag #TopedBDG15 yang sempat masuk trending topic di Twitter! Toped berterima kasih pada semua Toppers yang sudah hadir, semoga bermanfaat untuk kalian semua ya 🙂 Tak lupa Toped juga ingin berterima kasih kepada JNE dan Smartfren sebagai sponsor utama acara ini. Sampai jumpa di acara selanjutnya!

 

Siang Harinya…

Sebelum acara roadshow, di siang harinya tim Tokopedia menyempatkan diri untuk berkunjung ke Yayasan Difabel Mandiri. Yayasan yang berlokasi di daerah Ujungberung, Bandung ini adalah yayasan pengrajin kaki palsu. Kaki palsu produksi yayasan ini sudah dikirim ke berbagai daerah di Indonesia, lho. Hebat ya?

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Selain itu, para pengrajin di Yayasan Difabel Mandiri ini juga merupakan teman-teman yang berkebutuhan khusus. Mereka tidak kenal lelah membuat kaki palsu berkualitas untuk para teman-teman difabel lainnya. Para pengrajin yayasan ini tidak hanya datang dari daerah Bandung saja, tapi ada juga pengrajin yang berasal dari luar pulau Jawa.

Maksud dan kedatangan Tokopedia ke Yayasan Difabel Mandiri ini adalah untuk mendukung kegiatan para teman-teman yayasan dalam membuat kaki palsu, yaitu dengan memberikan alat-alat pengrajin. Semoga teman-teman yayasan makin semangat membantu sesama dan menjadi contoh yang baik untuk kita semua ya!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

 

Toped Keliling Bandung Untuk Bertemu Top Sellers.

Keesokan harinya, Toped masih berkeliling Bandung bertemu dengan seller-seller Tokopedia. Ada tiga seller yang Toped kunjungi: Bapak Steven (Fancy Grosir), Bapak Muis (Grosir Alkaf), dan Bapak Herry (s1ung).

Bapak Steven dari Fancy Grosir adalah penjual barang-barang kecantikan, seperti sabun, shampoo, dan barang lain yang sudah bersertifikasi BPOM dan legal untuk dipasarkan.

20151217_144836

Selanjutnya, Toped berkunjung ke Bapak Muis dari toko Grosir Alkaf. Toko ini menjual produk-produk handuk.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Seller terakhir adalah Bapak Herry dari toko s1ung. Toko s1ung menjual produk-produk seperti CCTV dan alat fingerprint.  

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Toped doakan semoga seller-seller Tokopedia makin sukses dan berkembang ke depannya. Sekian Tokopedia Roadshow Bandung 2015, hatur nuhun!

Satu tanggapan untuk “Tokopedia Roadshow Bandung 2015: Kerja Keras Tanpa Pamrih Merupakan Kunci dari Keberhasilan dalam Menjalankan Usaha Apapun”

  1. Nurul mengatakan:

    terima kasih tokopedia 🙂

    butuh goodybag?, tote bag? mau kanvas/blacu/jeans?
    ada di http://www.tokopedia.com/KamehaShop