Tokopedia Roadshow Banjarmasin 2015: Mencari Peluang Dengan Go Online Bersama Tokopedia!

Senin, November 23rd, 2015

Tokopedia Roadshow Banjarmasin 2015 merupakan acara pertama Tokopedia di pulau Kalimantan. Tokopedia Roadshow di kota ke-7 ini diselenggarakan pada hari Rabu, 18 November 2015, bertempat di Neptunus Room, Hotel Grand Tulip. Namun sehari sebelum acara Tokopedia Roadshow tersebut, tim Tokopedia sempat mengunjungi beberapa penjual yang berada di kota Banjarmasin.

Penjual pertama yang disambangi oleh tim Tokopedia adalah William, pemilik Gmzz777 Hobbies and Toys. Produk unggulan dari toko ini adalah mainan koleksi seperti My Little Pony, Littlest Pet Shop, dan Nendoroid.

Selanjutnya, tim Tokopedia bertolak menuju kediaman penjual kedua bernama Anne. Di Tokopedia, Ia memiliki toko bernama Native Borneo yang menjual berbagai produk kerajinan khas Banjar.

CUEeoS2W4AAcS9T

Keesokan harinya, tim Tokopedia kembali menyempatkan diri untuk mengunjungi kembali beberapa penjual. Kali ini, giliran Fitriannor pemiliki toko Pengrajin Akik yang disambangi oleh tim Tokopedia. Sesuai dengan nama tokonya, tentunya Fitriannor menjual berbagai macam batu akik dan permata di Tokopedia.

Kunjungan selanjutnya menjadi kunjungan penjual yang terakhir selama tim Tokopedia berada di Banjarmasin. Bang Fajeri yang merupakan pemilik toko Pondok Bang Fajeri pun menyambut tim Tokopedia dengan ramah bersama istri dan anaknya. Di Tokopedia, Ia menjual berbagai macam oleh-oleh khas Banjarmasin seperti amplang, pasak bumi, dan lampit.

Setelah kunjungan penjual selesai, tim Tokopedia langsung menuju venue #TopedBDJ15 di Hotel Grand Tulip yang bertempat di Jalan Ahmad Yani, Banjarmasin. Antusiasme Toppers Banjarmasin untuk mengikuti rangkaian acara ini sangat tinggi, terlihat dari padatnya antrian di meja registrasi. Bahkan para peserta sudah mulai berdatangan mulai dari satu jam sebelum acara dimulai.

Acara Tokopedia Roadshow Banjarmasin 2015 ini menghadirkan tiga pembicara brilian. Ada Ernest Prakasa, seorang stand up comedian (komika) yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat, ada juga Ajeng, pemilik toko Radysa Organizer di Tokopedia, serta Abdurrachim, pemilik toko Gomuda di Tokopedia. Ketiganya siap untuk membakar semangat masyarakat Banjarmasin untuk saling berbagi cerita dalam menciptakan peluang di bidangnya masing-masing. Acara ini dipandu oleh seorang MC kondang bernama Zipora.

Sebelum acara dimulai, para peserta yang menunggu di luar ruang acara berkesempatan untuk mengunjungi booth JNE. Di booth ini, peserta dapat bertanya-tanya  langsung ataupun menyampaikan keluhan kepada petugas JNE yang ada. Selain booth JNE, terdapat pula photobooth yang sudah disediakan secara gratis oleh Tokopedia. Banyak dari peserta yang tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Mereka berfoto bersama teman, keluarga, ataupun pasangan di photobooth tersebut. Foto pun dapat langsung dicetak dan dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dari acara ini.

Tepat pada pukul 19:00 WITA, acara yang disponsori oleh JNE dan Smartfren ini dimulai. Acara dibuka oleh MC Zipora dan disambut dengan heboh oleh para Toppers. Di awal acara ini, ada 10 Toppers yang beruntung mendapatkan doorprize berupa hadiah voucher belanja dari Tokopedia.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari kepala cabang JNE wilayah Banjarmasin, Bapak Depi Heriyanto. Ia mengatakan dalam sambutanya bahwa JNE siap untuk menunjang para pebisnis online di Banjarmasin dengan menyediakan berbagai layanan pengiriman. Selain itu, JNE juga sudah membuka 95 agen outlet untuk melayani para pelanggan yang tersebar di kota Banjarmasin.

Selanjutnya, komika Ernest Prakasa maju ke atas panggung untuk menghibur para Toppers yang hadir di acara ini. Berbagai lelucon dan candaan yang Ia lontarkan sukses mengundang tawa para peserta. Stand up comedia yang satu ini berhasil untuk membuat suasana Roadshow kali ini menjadi lebih meriah dan menyenangkan.

Saatnya masuk ke acara inti, yakni talkshow bersama tiga pembicara dalam acara Tokopedia Roadshow Banjarmasin 2015. Selain Ernest, ada Ajeng dan A’im yang siap untuk menginspirasi para Toppers yang berada di kota yang terletak di selatan Kalimantan ini. Keduanya merupakan penjual di Tokopedia  yang memiliki cerita sukses yang menginspirasi melalui bidangnya masing-masing. Ajeng menjual produk-produk organizer yang berguna untuk merapikan benda sehari-hari, sedangkan A’im menjual produk fashion pria, khususnya sweater rajut.

Talkshow ini diawali dengan cerita inspiratif dari Ajeng. Pada awal Ia membangun bisnis online, Ajeng mengaku hanya iseng-iseng berjualan kosmetik via media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Namun lama-kelamaan, Ia mulai merasakan enaknya berjualan secara online. Ajeng pun mencoba untuk mengembangkan bisnis online-nya dengan berjualan produk organizer di Tokopedia. Ia merasa banyak orang, terutama para wanita, sangat membutuhkan organizer untuk merapikan kebutuhan sehari-harinya. Akhirnya Ajeng pun tidak menyia-nyiakan peluang tersebut. Saat ini, Ajeng dengan toko Radysa Organizer di Tokopedia berhasil mendapatkan pemesanan hingga 5000 pesanan setiap harinya. Ia juga memiliki cita-cita agar ke depannya Radysa Organizer bisa bermanfaat tidak hanya bagi para konsumennya, tapi juga bagi para orang-orang yang berada di sekelilingnya untuk membangun bisnis bersama Radysa Organizer.

Selanjutnya, ada cerita inspiratif dari A’im, sang pemilik Gomuda di Tokopedia. Ia menceritakan sebelum menjalani bisnis berjualan pakaian pria, Ia menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah di kota Bandung. Selain itu, A’im juga menjadi tenaga pengajar di pusat bimbingan belajar. Bosan dengan rutinitas yang begitu-gitu saja, A’im pun mendapatkan inspirasi untuk berbisnis secara online. Ia memilih produk pakaian pria, khususnya sweater. Pemilihan ini bukannya tanpa alasan, A’im tinggal di kota Cimahi yang berbatasan langsung dengan Bandung. Kota yang sering disebut Paris van Java ini merupakan salah satu pusat industri pakaian. A’im melihat peluang tersebut dan akhirnya membuat merek sendiri yang dinamakan Gomuda.

Tidak hanya Ajeng dan A’im saja yang memiliki kisah inspiratif, Ernest pun sebagai komika ternama juga memiliki ceritanya sendiri. Ia merasa dunia film dan stand up comedy adalah tempat di mana Ia dapat menciptakan peluangnya. Lebih lanjut, Ernest mengatakan jika kita memiliki tujuan yang jelas, maka akan lebih untuk untuk fokus demi mencapai tujuan tersebut.

Setelah sesi talkshow, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah berupa smartphone Andromax persembahan dari Smartfren untuk dua orang pemenang doorprize dan satu orang pemenang tweet competition. Tidak lupa, Tokopedia juga memberikan penghargaan berupa pelakat kepada semua pembicara pada acara Tokopedia Roadshow Banjarmasin 2015.

Itulah keseruan dari rangkaian acara Tokopedia Roadshow Banjarmasin 2015. Terima kasih kembali kepada JNE dan Smartfren yang mendukung acara #TopedBDJ15 ini. Tidak lupa juga untuk untuk masyarakat Banjarmasin yang telah membuat acara ini menjadi semakin meriah.

Bagaimana dengan keseruan acara-acara Tokopedia lainnya? Pantau terus media sosial dan blog kami ya!