Tokopedia Roadshow Jakarta 2015: Masa Lalu Tidak Bisa Diubah, Masa Depan Bisa Diciptakan. Ciptakan Peluangmu!

Selasa, Oktober 13th, 2015

Jakarta, 10 Oktober 2015 – Halo Toppers, di penghujung tahun 2015 ini, Tokopedia kembali mengadakan event yang pastinya nggak kalah seru dengan event-event Tokopedia sebelumnya. Setelah sukses mengadakan Tokopedia Roadshow 2014 tahun lalu, kini Tokopedia kembali menggelar Tokopedia Roadshow 2015 ke 10 kota. Dan kota Jakarta menjadi kota pembuka dari rangkaian Tokopedia Roadshow 2015 kali ini.

Acara yang digelar pada Sabtu, 10 Oktober 2015 di Plaza Bapindo ini mengangkat tema Ciptakan Peluangmu. Dengan mengundang para pembicara inspiratif yang sudah berhasil menciptakan peluang mereka di bidang masing-masing dan pastinya menginspirasi para Toppers yang hadir, yaitu William Tanuwijaya, selaku CEO Tokopedia; Arie Kriting salah satu Stand Up Comedy terkenal di Indonesia; Alit Susanto, penulis buku Shitlicious; dan Rizky Auliadi, Owner Evriz Clay Souvenir & Craft.

Sebelum acara dimulai, para Toppers yang datang menyempatkan waktu untuk sedikit narsis dengan berfoto-foto di spot yang sudah disiapkan. Lengkap dengan background Tokopedia plus si maskot unyu, Toped, para Toppers bergaya sesuka hati.

tokopedia roadshow jakarta

tokopedia roadshow jakartatokopedia roadshow jakarta

tokopedia roadshow jakarta

tokopedia roadshow jakarta

Perlu kamu ketahui nih Toppers, ada lebih dari 1000 orang pendaftar yang tertarik untuk menjadi bagian dari acara ini lho! Acara yang disponsori oleh JNE, Bank Mandiri, Smartfren, dan BNI ini dipandu salah satu MC kondang, Kemal yang membuat suasana Tokopedia Roadshow Jakarta ini semakin seru. Sebelum masuk ke acara utama, Talkshow Ciptakan Peluangmu ini dibuka dengan sambutan dari CEO JNE, Abdul Rahim Tahir dan Senior Manager Bank Mandiri, Nurullah Saptidja.

Bukan Tokopedia namanya kalau nggak bagi-bagi hadiah. Di awal acara, Toppers yang hadir diminta mengecek di bawah kursi mereka. Beberapa Toppers yang beruntung mendapatkan voucher belanja yang tertempel di bawah kursi mereka.

Ini dia yang paling ditunggu, sesi utama dimana para pembicara diundang naik ke atas panggung dengan sambutan hangat dari para Toppers yang datang.

tokopedia roadshow jakartatokopedia roadshow jakarta

tokopedia roadshow jakarta

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya menjadi pembicara pertama yang berbagi cerita tentang perjalanannya selama membangun Tokopedia. Bermula dari masalah yang ditemui oleh para individu yang mau memulai bisnis, mulai dari masalah kepercayaan, sulitnya pemasaran, hingga modal yang terbatas.

tokopedia roadshow jakarta

“Indonesia negara yang besar, orang-orangnya juga punya mimpi besar. Banyak yang mau berbisnis, tapi terkendala masalah-masalah seperti pemasaran, kepercayaan dan sebagainya. Di sini kami melihat ada peluang untuk menyediakan media bagi setiap individu dan pemilik UMKM untuk membangun dan mengembangkan bisnis mereka,” papar william.

Namun perjalanan William dan Leontinus dalam mewujudkan mimpi besar mereka tidak lah mudah. Sempat diremehkan, ditolak oleh investor, bahkan diminta untuk tidak bermimpi terlalu tinggi tidak membuat mereka menyerah begitu saja. Hal tersebut justru menjadi tamparan sekaligus motivasi bagi mereka untuk semakin berani maju mewujudkan mimpi mereka.

“Masa lalu memang jadi sesuatu yang tidak bisa kita ubah, tapi masa depan bisa diubah. Kita harus berani bermimpi besar dengan mata terbuka untuk mengubah masa depan. Artinya, apa yang diimpikan, apa yang dipikirkan, apa yang diucapkan, dan apa yang dilakukan harus selaras”

Tidak hanya William yang membagikan kisah inspiratifnya, salah satu seller inspiratif Tokopedia, Rizki Auliadi juga berbagi kisah tentang perjalanannya dalam mengubah hidup dari pekerja serabutan menjadi wirausaha. Saat ini ia pun sudah membuka lapangan pekerjaan di lingkungannya dengan mempekerjakan 12 karyawan tetap dan 30 karyawan lepas.

tokopedia roadshow jakarta

“Kita harus kreatif dalam menciptakan peluang. Melihat celah apa yang sedang terjadi di pasar dan tangkap momennya”

Dalam talkshow ini Rizki juga menyampaikan makna kesuksesan bagi dirinya sendiri. Baginya, pencapaian bukan hanya sekedar tentang materi, tapi tentang bagaimana ia bisa terus belajar dan memberi dampak positif bagi lingkungan sekitarnya.

“Pencapaian saya ukur dari seberapa banyak ilmu yang bisa saya share ke teman-teman di Evriz. Mereka yang tadinya sama seperti saya bekerja sebagai pemulung dan pengamen, sekarang jadi punya impian, punya harapan, dan sedikit demi sedikit sudah tercapai”, ujar pria 27 tahun ini.

Salah satu pembicara yang juga nggak kalah menginspirasi lewat kisahnya adalah Alit Susanto, penulis buku Shitlicious. Buat Toppers yang hobi baca buku pasti nggak asing lagi dengan pria yang satu ini. Ia berbagi cerita mengenai perjalanan karirnya yang tidak mudah dan sempat mengalami beberapa kali penolakan.

tokopedia roadshow jakarta

“Hal-hal yang tidak enak dari hidup sebenarnya punya nilai tersendiri”.

Sebelum bisa meraih kesuksesan seperti sekarang ini, Alit pun ternyata pernah mengalami kenyataan pahit. Ia membuka cerita dengan awal perjalanan karirnya di tahun 2009 yang tidak berjalan dengan mulus. Alit terpaksa harus menerima kenyataan saat buku karangannya ditolak penerbit hingga 12 kali. Tapi hal tersebut tidak membuatnya menyerah begitu saja. Justru membuat ia merasa semakin tertantang.

Bagi Alit, salah satu kunci kesuksesannya adalah Self Branding, “Orang jaman sekarang nggak mau beli kalau nggak tahu siapa yang jual.” Untuk itu bagi Alit, membangun kepercayaan merupakan modal penting yang dibutuhkan. Alit juga berbagi tips bagaimana ia bisa membangun Self Branding, yaitu harus komunikatif dengan konsumen, salah satunya adalah lewat sosial media dan menggunakan jokes untuk  bisa menjalin ‘ikatan’ dengan orang lain.

“Kompetitor itu dibutuhkan, karena tanpa kompetisi tidak ada inovasi.”

Berkat moto ketekunan yang ditanamkannya hingga sekarang, Alit yang dulunya dipandang sebelah mata, kini berhasil merilis buku ke-3 nya yang berjudul “Relationshit” nggak cukup sampai di situ, bahkan buku hasil karyanya tersebut akan segera dijadikan film lho!

Kisah sukses selanjutnya juga datang dari salah satu pembicara yang tidak hanya menghibur para Toppers yang hadir, tapi sekaligus menginspirasi lewat perjalanan karirnya, Arie Kriting. Lewat penampilan nyentrik serta tutur bahasanya yang khas dan tak jarang membawa gelak tawa, ternyata Arie Kriting juga pernah mengalami jatuh bangunnya kehidupan demi mencapai kesuksesannya menjadi salah satu Stand Up Comedy di Indonesia seperti sekarang ini.

tokopedia roadshow jakarta

“Kesulitan hidup adalah tabungan hidup untuk kesuksesan nanti.”

Tekad pria dengan ciri khas rambut lebat dan keriting ini untuk menjadi seorang Stand Up Comedy diawali dengan peluang yang ia ciptakan sendiri. Arie melihat semua komedian di Indonesia memang memiliki ciri khas masing-masing, namun belum ada yang membawa ciri khas Indonesia Timur. Lewat pemikiran inilah Arie memberanikan diri untuk menjadi Stand Up Comedy pertama yang berasal dari Indonesia Timur.

Selain melihat peluang yang ada, lewat Stand Up Comedy Arie Kriting juga ingin memecahkan stigma orang-orang yang terkesan negatif terhadap masyarakat Indonesia Timur.

“Jangan menilai orang dari luar. Biarpun kulit gelap, tapi jiwanya terang.”

Menjadi seorang Stand Up Comedy juga bukan hal yang mudah bagi seorang Arie Kriting. Ia  harus bisa memberikan yang terbaik untuk para penonton di setiap penampilannya dengan selalu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum tampil, terutama dalam mengolah materi yang ada. Materi yang disampaikannya juga tidak hanya sekedar lucu, tapi Arie juga menyelipkan sisi lain dari Indonesia Timur dari segi positif. Arie bahkan mengaku dulu ia tidak suka ditertawakan, tapi sekarang ia tidak suka kalau tidak ada yang tertawa. Bagi Arie proses adalah bagaimana kita gagal tapi tidak berhenti begitu saja, namun membenahinya.

Setelah puas mendengar kisah-kisah inspiratif dari para pembicara dan sebagai penutup sesi talkshow kali ini, CEO Tokopedia, William Tanuwijaya menyerahkan plakat kepada ketiga pembicara Alit Susanto, Rizky Auliadi, dan Arie Kriting sebagai ucapan terima kasih.

tokopedia roadshow jakarta

Masuklah sesi yang juga ditunggu-tunggu para Toppers, yaitu sesi tanya-jawab. Di sini terlihat banget antusias para Toppers untuk mengajukan beragam pertanyaan, seperti pertanyaan yang datang dari salah satu Toppers yang hadir, Sefri Hadi mengenai bagaimana agar tidak berada di zona nyaman meski sudah sukses? Yang langsung dijawab oleh Alit, “Selama lu disitu-situ aja, hidup lu akan gitu-gitu aja.” tuturnya. Masih banyak beberapa pertanyaan seperti seputar tips sukses berjualan di Tokopedia, tips menghadapi kompetitor dan lainnya.

tokopedia roadshow jakarta

Sebelum masuk ke penghujung acara, lagi-lagi Tokopedia kembali bagi-bagi hadiah berupa smartphone Smartfren lewat doorprize buat Toppers yang hadir dan beruntung.

tokopedia roadshow jakarta

Tokopedia Roadshow 2015 pertama yang diadakan di Jakarta ini terbilang sukses. Sempat menjadi Trending Topic Twitter di Jakarta dengan hashtag #TopedJKT15 membuktikan bahwa para Toppers  yang hadir sangat antusias dan bersemangat mengikuti acara ini.

tokopedia roadshow jakartatokopedia roadshow jakarta

Nah, gimana Toppers? Seru banget kan acara Tokopedia Roadshow 2015 di Jakarta ini? Selain tidak dipungut biaya sama sekali, kamu juga bisa mendapat ilmu serta motivasi untuk menciptakan peluang. Masih ada 9 kota yang menjadi tempat tujuan Tokopedia Roadshow 2015 selanjutnya, jadi siapkan diri kamu untuk jadi bagian dari acara ini yah!

Satu tanggapan untuk “Tokopedia Roadshow Jakarta 2015: Masa Lalu Tidak Bisa Diubah, Masa Depan Bisa Diciptakan. Ciptakan Peluangmu!”

  1. Fahrudin mengatakan:

    Keren Bin Paten