Tokopedia Roadshow Pontianak 2016: Tokopedia Beraksi Bersama Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia

Jumat, April 1st, 2016

Tokopedia Beraksi kembali diselenggarakan dan kali ini berlangsung di Pontianak. Acara merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilakukan oleh Tokopedia. Kali ini, Tim Tokopedia berkesempatan untuk berkunjung ke PPDI yaitu Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia.

PPDI merupakan wadah yang memiliki visi mewujudkan partisipasi penuh dan persamaan kesempatan penyandang disabilitas dalam seluruh aspek kehidupan. Selain itu, PPDI juga berfungsi sebagai lembaga koordinasi dan advokasi bagi anggota-anggotanya yang memiliki disabilitas fisik. Dengan visi dan fungsi tersebut, PPDI memiliki jaringan kerja hampir diseluruh provinsi di Indonesia dan merupakan anggota dari Disabled People Internasional.

700f8cae-953a-4efa-94d6-0a721e2ada35

Sementara itu, PPDI di kota Pontianak memiliki anggota kurang lebih 1000 orang, dan sekitar 2000 orang di Kalimantan Barat yang diketuai oleh Bapak Zamhari. Untuk perekrutan anggota, PPDI Pontianak  melakukan secara manual yaitu melalui survei data dari setiap kelurahan.

Kegiatan anggota PPDI diisi oleh beragam pelajaran keterampilan dan biasanya menghasilkan barang yang dapat dijual seperti makanan ringan hingga baju hasil jahitan.Kegiatan ini terus dilakukan oleh anggota PPDI Pontianak dengan didukung oleh kerjasama dengan UKM-UKM yang membekali mereka dengan beragam keterampilan.

Keterampilan yang diberikan oleh UKM difasilitasi oleh sebuah lembaga yang turut andil membantu, yaitu WVI – Wahana Visi Indonesia. Meski begitu, kegiatan pelatihan bisa dilakukan dalam ruangan sekretariat yang memiliki daya tampung terbatas yakni sekitar 10 orang. Awalnya, Dinas Sosial turut andil dalam kepengurusan PPDI, namun perlahan PPDI menghidupi lembaganya sendiri dengan bantuan dari UKM.

093dbfd6-89c2-4e61-bf41-59f24a38895f

Keterbatasan fisik yang dimiliki penyandang disabilitas ini tidak memupuskan semangat mereka untuk terus memasarkan hasil kerja kerasnya, meskipun banyak kesulitan yang dihadapi, seperti komunikasi untuk tuna rungu dan tuna wicara, ataupun jarak yang ditempuh bagi yang memiliki disabilitas dalam bergerak. Mereka memasarkan hasil keterampilannya secara mandiri ke toko-toko terdekat dan dari rumah ke rumah.

“Kedepannya PPDI harus terus memayungi individu yang memiliki disabilitas. Siapapun yang memiliki disabilitas dapat berbaur dan menghasilkan beragam produk untuk dipasarkan,” ujar Zamhari.

Dalam kegiatan Roadshow Pontianak di tahun 2016 ini, Tokopedia datang mengunjungi PPDI dalam acara Tokopedia Beraksi. PPDI menyambut baik acara seperti ini. Pasalnya,  disamping memotivasi anggota PPDI untuk berkarya lebih baik lagi, acara ini juga dapat membantu menumbuhkan semangat dalam menjalankan usaha dengan cara baru dan praktis melalui internet.

Pada kesempatan ini juga, Tokopedia menyalurkan sedikit bantuan berupa dua mesin jahit dan dua buah laptop. Harapannya, dukungan Tokopedia dapat membantu kegiatan PPDI Pontianak khususnya untuk menciptakan peluang dengan mulai memasarkan produknya melalui internet.