Tokopedia Temu Toppers : Diskusi dan Berbagi Pengalaman Bisnis Online bersama Top Community Tangerang

Minggu, Februari 21st, 2016

Beberapa waktu yang lalu, Tokopedia kembali menggelar Tokopedia Temu Toppers. Kali ini, Temu Toppers dilaksanakan dengan mengundang Komunitas Penjual Tokopedia Tangerang pada acara Temu Top Community Tangerang. Acara yang berlangsung tanggal 11 Februari 2016 lalu diwakili oleh Tim BMD (Bussines Merchant and Development) Retention Tokopedia. Sekitar 19 orang Toppers Tangerang hadir dalam Temu Toppers yang diselenggarakan di Restaurant Waroeng Sunda, Tangerang ini.

Acara berlangsung seru dan menarik. Rangkaian acara Temu Top Community Tangerang dimulai dengan makan siang bersama. Di sela-sela menyantap hidangan, beberapa peserta terlihat antusias melontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar Tokopedia, seperti kasus-kasus yang sering mereka temui saat bertransaksi.

Temu Top Community kali ini bertujuan mengajak para merchant yang telah bergabung di Tokopedia untuk berkomunitas dan dapat selangkah lebih maju dalam meningkatkan penjualannya di Tokopedia. Adanya komunitas ini tidak hanya menjadi ajang kumpul-kumpul saja, diharapkan para merchant dapat belajar lebih banyak di dalam komunitas.

Beberapa Toppers terlihat mudah berbaur dan berkenalan satu sama lain hingga saling bertukar kartu nama. Pada kesempatan ini juga, beberapa merchant yang tadinya tidak tergabung dalam grup Whatsapp komunitas meminta untuk diundang ke dalam grup kepada tim BMD, agar silaturahmi dan komunikasi tidak terputus sampai acara ini saja.

blog temu top tangerang

Acara ini sudah saya tunggu-tunggu dan akhirnya terlaksana juga. Disini saya bisa berkenalan dengan beberapa seller Tangerang dan juga bertukar informasi,” kata Jonathan, pemilik toko Om Botak.

Usai makan siang, tim BMD yang diwakili oleh Ranu Prasetyo mempresentasikan materi mengenai E-commerce. Tujuannya, agar Toppers lebih memahami Tokopedia sebagai salah satu market place yang ada di Indonesia. Materi terbilang efektif, karena beberapa merchant mengaku acara ini  bermanfaat bagi setiap merchant yang telah join di Tokopedia.

Acara ini cukup efektif untuk mengumpulkan beberapa seller Tangerang yang telah join di Tokopedia. Tentu saja, saya mengharapkan acara ini diadakan secara rutin,” kata Nara, pemilik toko Rarirushop.

blog temu top tangerang 1

Sesi selanjutnya yaitu Focus Group Discussion (FGD) yang dipimpin oleh Adin. Untuk mempermudah jalannya diskusi selama FGD berlangsung, merchant Tangerang dibagi jadi dua kelompok. Tim BMD Tokopedia telah menyiapkan beberapa pertanyaan dari kasus-kasus yang biasa ditemui oleh para Toppers. Diskusi berlangsung interaktif karena Toppers Tangerang antusias dan aktif tanya jawab saat sesi FGD berlangsung.

Diskusi yang dilakukan tidak membosankan, bahkan saya mendapatkan manfat dari acara ini. Sukses terus untuk Tokopedia,” ujar Jon S Wijaya, pemilik toko tinta.

blog temu top tangerang 2

Salah satu isu yang diangkat saat diskusi yaitu mengenai Promo Cicilan 0% untuk pembayaran 6 bulan dan 12 bulan. Promo tersebut dirasa lebih efektif dan juga meningkatkan traffic toko. Sebagai masukan, Toppers Tangerang berharap promo ini dapat diadakan kembali oleh Tokopedia.

Tak hanya itu. Peserta juga diberikan kesempatan untuk berbagi pengalamannya terkait dengan penjualan dan transaksi selama berjualan di Tokopedia.  Secara tak langsung, pengalaman masing-masing ternyata dapat memberikan pandangan dan masukan kepada peserta lainnya.

Berdasarkan pengalaman beberapa merchant, banyak buyer yang masih kurang paham mengenai nilai dari bintang (rating). Ada yang mengira bintang 1 artinya ranking 1. Sebagai contoh, buyer memberikan komentar bagus tapi hanya memberikan bintang 1, yang artinya skor paling rendah. Padahal, skor tertinggi adalah bintang 5.

blog temu top tangerang 3

Hal ini menjadi perhatian  juga sehingga beberapa merchant merasa perlu adanya edukasi bagi buyer. Bisa berupa sosialisasi kembali mengenai arti dan nilai dari review dan rating, terutama untuk new buyer. Setelah semua rangkaian acara selesai, Temu Top Community ditutup dengan foto bersama.