Tokopedia Temu Toppers: Kupas Permasalahan Bisnis Online bersama Top Community Bogor

Senin, Februari 1st, 2016

Setelah sukses diselenggarakan perdana pada bulan Desember lalu, kegiatan temu komunitas merchant Tokopedia, Temu Toppers, kembali digelar.  Kali ini, peserta Temu Toppers berasal dari komunitas penjual Bogor. Sedikit berbeda dari Temu Toppers sebelumnya, kali ini pelaksanaan dan materi acara ditangani langsung oleh tim Tokopedia, yang dikemas melalui Focus Group Discussion (FGD).

Temu Toppers kali ini diselenggarakan pada hari Selasa, 19 Januari 2016 dan berlokasi di Restaurant De’Leuit Bogor. Sekitar pukul 12.30, saat acara akan dimulai, terlihat beberapa peserta sudah berdatangan. Adapun, rangkaian acara terdiri dari makan siang, presentasi mengenai E-Commerce, pembagian kelompok untuk melaksanakan FGD, dan ditutup dengan sesi foto bersama.

 temu toppers bogor

Acara makan siang berlangsung hangat diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh Toppers seputar Tokopedia, serta kasus-kasus yang kerap mereka temui saat melakukan transaksi. Usai makan siang, tim Business & Merchant Development yang diwakili oleh Ranu mempresentasikan materi mengenai E-commerce dengan tujuan agar Toppers lebih memahami Tokopedia sebagai salah satu market place yang ada di Indonesia.

Sesi selanjutnya diisi oleh Puput, perwakilan dari tim BMD Tokopedia, untuk membagikan kelompok dan melaksanakan FGD. Tim Tokopedia telah menyiapkan beberapa pertanyaan dari kasus-kasus yang biasa ditemui oleh para Toppers. Beberapa kasus yang sering ditemui diantaranya terkait dengan ongkos kirim yang diibayar seller lebih besar daripada invoice pesanan yang diterima, rating dan review yang kurang sesuai dengan harapan seller, ekspedisi yang digunakan seller, dan lain sebagainya.

Di awal diskusi, peserta dibagi kedalam dua kelompok sehingga peserta diskusi bisa lebih aktif dalam kegiatan tanya jawab. Antusiasme pun terlihat dari beberapa peserta yang menyumbangkan ide dan sarannya untuk kemajuan Tokopedia.

Forum Discussion Group Bogor

Sebagai contoh, salah satu saran yang dikemukakan oleh salah satu seller terkait dengan ekspedisi yang bekerja sama dengan Tokopedia. Ia memberi masukan untuk menambahan ekspedisi lain, seperti Herona yang mengirimkan barang antar kota di pulau jawa menggunakan kereta api. Menurutnya, hal ini memudahkan seller untuk mengirimkan barang kepada buyer dengan cepat.

Temu Toppers yang dihadiri 15 peserta ini berlangsung seru dan menyenangkan. Semangat terlihat dari beberapa pendapat yang dikemukakan peserta tentang acara ini. Mereka mengemukakan bahwa acara Temu Toppers komunitas ini membantu mereka untuk mengenal satu sama lain diantara seller-seller di kota Bogor.

Wah senang sekali akhirnya komunitas Bogor kumpul perdana. Yang tadinya tidak kenal satu sama lain akhirnya bisa kenal dan juga bisa saling tukar informasi,” kata Budi Permana, pemilik dari toko Palupegada.

temu toppers bogor

Tak dimungkiri, beberapa peserta juga merasa terbantu dengan keberadaan Tokopedia. Hal ini dikemukakan juga Kiki, pemilik toko Kayarasa. Menurut Kiki, Tokopedia sangat membantu para seller dalam berjualan. Kiki juga berterimakasih, karena sejak ia bergabung berjualan di Tokopedia, omset tokonya berkembang naik.

Berkat acara ini, beberapa peserta yang belum bergabung di grup Whatsapp komunitas Bogor juga meminta diundang ke dalam grup agar komunitas Bogor bisa lebih berkembang lagi. Mereka juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan diadakan oleh Tokopedia.

“Semoga pertemuan ini berlanjut terus, ya. Karena menurut saya, ini bisa jadi awal yang baik untuk para seller-seller ke depannya,” kata Hartati, pemilik dari toko Lobilobi.

Di akhir acara, tim Tokopedia memberikan merchandise kepada masing-masing peserta yang telah hadir berpartisipasi. Setelah semua rangkaian acara selesai, acara ditutup dengan foto bersama.